Blog

Jasa Kontraktor Rumah dan Renovasi di Solo

Jasa kontraktor rumah, Tertarik Menggunakan Jasa Pemborong Bangunan di Solo? Baca Dulu Informasi Ini!

Apakah Anda sudah berencana untuk membangun rumah baru atau renovasi hunian Anda yang sekarang di Solo? Kalau iya, Anda barangkali sedang mempertimbangkan untuk memilih antara kontraktor atau pemborong bangunan di Solo atau jasa kontraktor rumah.

Jika pilihan yang Anda buat condong mengarah ke pemborong bangunan, maka ketahui dulu beberapa informasi di bawah ini untuk membantu Anda membuat keputusan dengan lebih cermat. Selamat membaca!

Jasa kontraktor rumah Sekilas Tentang Jasa Pemborong

jasa kontraktor rumah
jasa kontraktor rumah

Serupa dengan kontraktor, jasa pemborong juga sama-sama terdiri atas para pekerja yang punya pengalaman dalam bidang konstruksi bangunan tempat tinggal. Hanya saja, yang membedakan pemborong dengan kontraktor adalah bahwa pemborong tidak memiliki izin badan usaha resmi, sehingga tidak punya status badan hukum. Umumnya, jasa pemborong dikelola secara individu. Di samping itu, kesepakatan yang terjadi di antara pihak jasa kontraktor rumah dengan klien hanya berupa perjanjian atau kesepakatan secara lisan, bukannya secara tertulis dan ditandatangani dengan resmi.

Jasa Renovasi Rumah : Perbedaan Jasa Pemborong dengan Jasa Kontraktor

Apabila dibandingkan dengan jasa kontraktor yang memang jauh lebih sering menangani proyek dengan skala besar, jasa pemborong biasanya lebih banyak dimanfaatkan masyarakat dalam mebangun tempat tinggal yang jumlah anggarannya tidak terlalu besar. Banyak masyarakat di Indonesia yang lebih memilih menggunakan jasa pemborong, termasuk pemborong bangunan di Solo, lantaran biayanya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga jasa kontraktor.

Perbedaan lainnya antara pemborong dengan kontraktor juga termasuk dalam aspek pengerjaan proyek. Jika Anda bekerja dengan jasa kontraktor, maka Anda pun akan dilibatkan dalam proses perencanaan dan desain di awal, yang bisa memakan banyak waktu jika ada berbagai koreksi atau revisi yang wajib dilakukan. Selain itu, jasa kontraktor profesional pun akan merancang RAB serta SPK untuk rincian rencana penggunaan anggaran serta perjanjian kerja antara kontraktor dengan klien yang rinci dan mendetail. Sedangkan jasa pemborong tidak menuntut klien untuk selalu ikut menyampaikan masukan mereka, baik itu dalam perencanaan maupun sepanjang proses pengerjaan proyek. Karena itu, tidak mengherankan kalau pemborong lebih banyak dimanfaatkan oleh para warga yang ingin membangun rumah, apalagi mengingat tingkat kerumitan yang jauh lebih kecil jika dibandingkan proyek konstruksi bangunan yang lebih besar lainnya.

Sistem Pembayaran Jasa Pemborong

Pada umumnya, ada 2 sistem atau metode pembayaran yang bisa Anda lakukan ketika memanfaatkan jasa pemborong bangunan, yaitu sistem harian dan sistem borongan. Baik itu pembayaran dengan sistem harian maupun borongan, besaran nominalnya disepakati sebelum pengerjaan proyek.

  • Pembayaran harian.

Dengan sistem pembayaran yang satu ini, maka besarnya upah ditentukan berdasarkan upah harian, dan pembayarannya biasanya dilakukan seminggu sekali. Jadi, misalnya 1 pekerja diberi upah sebesar Rp80.000 per hari, maka setiap minggu ia akan menerima Rp480.000 jika ia bekerja 6 hari seminggu, atau Rp560.000 jika ia bekerja 7 hari seminggu. Frekuensi pembayarannya sendiri juga berbeda-beda, sesuai kesepakatan antara klien dengan pemborong. Bisa jadi setiap minggu, setiap 2 minggu, dan sebagainya.

  • Pembayaran borongan.

Untuk sistem borongan, Anda bisa melakukan pembayaran yang merupakan total upah pekerja dan material bangunan, atau upah pekerja saja karena material sudah Anda beli dan sediakan sendiri. Jika Anda memilih opsi yang awal, maka Anda perlu memberikan informasi spesifikasi bahan baku bangunan yang dibutuhkan dan diinginkan kepada pemborong terlebih dahulu, dan mereka yang akan membelikannya untuk Anda. Sedangkan untuk opsi terakhir atau borongan upah saja, biasanya perhitungannya didasarkan pada spesifikasi yang dikalikan dengan nominal uang tertentu. Misalnya, upahnya adalah Rp1.000.000 untuk masing-masing meter persegi luas bangunan jadi.

Memilih Jasa Pemborong Bangunan

Memutuskan apakah Anda akan memilih menggunakan jasa kontraktor atau pemborong adalah keputusan Anda. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Secara keseluruhan, Anda dianjurkan memilih jasa pemborong jika yang Anda butuhkan adalah jasa yang lebih efisien dan murah, serta untuk proyek rumah tempat tinggal yang ukurannya tak terlalu besar. Sedangkan jasa kontraktor sangat direkomendasikan jika proyek pembangunan yang Anda rencanakan lebih besar.

Terlepas dari pilihan Anda, jangan lupa untuk tetap melakukan pengawasan, terutama ketika proses pengerjaan proyek telah berlangsung. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga komunikasi dan memberikan masukan serta menjelaskan kebutuhan Anda kepada pemborong dengan rinci untuk menghindari perselisihan atau masalah di kemudian hari. Untuk informasi jasa renovasi rumah solo, jakarta dan sekitarnya silakan hubungi kami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *