Blog

Harga kolam beton per m3 – Biaya Perkiraan

Kolam ikan menjadi salah satu bagian pelengkap rumah. Namun, terkadang orang tidak membuatnya dikarenakan memakan biaya yang tinggi. Kolam ikan sendiri bisa terbuat dari beton agar tahan lama. Lagi pula, beton juga tahan akan korosi hingga air. Memperkirakan harga kolam beton per m3 memang bukan perkara mudah.

Berapa biaya pembuatan kolam renang per meter, apa saya rincian biaya pembuatan kolam renang minimalis? Berapa harga kolom beton, contoh rab pembuatan kolam renang? Apakah kolam yang sudah ada bisa direnovasi? Apakah ada jasa bongkar kolam? Pertanyaan tersebut dapat dikonsultasikan ke kami.

Langkah membangun kolam beton

harga kolam beton per m3Untuk mengetahui harga kolam beton per m3 sebenarnya ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, seperti berikut ini:

  1. Desain kolam

Dalam membuat kolam ikan dari beton sangat tepat untuk mencari referensi desain dari internet, buku atau majalah. Pastikan desain yang dimiliki juga sesuai dengan konsep rumah Anda. Untuk rumah berkonsep minimalis, sangat cocok desain kolam yang berbentuk persegi empat atau persegi panjang. Namun, sedikit menambahkan aksen melingkar atau meliuk juga bisa menjadi alternatif. Desain yang terlalu rumit akan cukup berpengaruh pada biaya pembuatan kolam beton nantinya.

  1. Ukuran kolam

Harga kolam beton per m3 sangat tergantung akan ukuran kolam ikan yang ingin Anda bangun nantinya. Jika memang budget Anda tidak terlalu banyak maka ukuran kolam yang dibuat juga tidak terlalu lebar. Hal yang terpenting adalah lebar dari kolam ikan benar – benar dibuat strategis agar anggota keluarga bisa menikmatinya dan tidak mengganggu aktivitas sehari – hari.

  1. Material yang digunakan

Material yang digunakan juga akan mempengaruhi biaya pembuatan kolam beton ini. Beton menjadi salah satu material terbaik yang menjadikan kolam kokoh dan tahan lama. Untuk beton sendiri memiliki beberapa kelas dan juga tipenya. Biasanya kelas tersebut menjamin kualitas dari beton tersebut. Semakin tinggi mutu yang dimiliki akan semakin mahal harga pembuatan kolam.

Hal yang perlu dipertimbangkan

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar kolam ikan beton menjadi salah satu elemen keindahan dalam rumah. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Tata letak kolam, yakni di mana kolam akan ditempatkan, apakah di depan, belakang atau bahkan dalam rumah. Namun ingat bahwa, kolam harus mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari berlebihan akan membuat kolam cepat keruh. Namun kekurangan sinar matahari akan membuat ikan tidak berkembang dengan baik.
  • Volume air dan jumlah ikan haruslah sepadan. Kelebihan ikan dalam volume air yang kurang akan membuat ikan cepat mati karena kekurangan oksigen.
  • Asupan oksigen dalam kolam harus terpenuhi. Caranya bisa dengan menggunakan pompa rendam yang berguna untuk memutar dan memfilter air. Selain itu, untuk menghasilkan oksigen dalam air bisa menggunakan aerator.
  • Kedalaman air. Pasalnya setiap ikan membutuhkan kedalaman berbeda –beda.

Teknik pembangunan

Setelah mengetahui langkah – langkah dalam pembuatan kolam dan hal yang harus dipertimbangkan. Berikut ini sedikit teknik pembangunan kolam ikan.

  1. Mempersiapkan material dan peralatan yang dibutuhkan.
  2. Membuat galian yang sesuai dengan desain yang telah dibuat. Setelah itu, pasang batu bata atau beton dengan pasir dan seman. Usahakan seluruh bagian tanah yang digali tertutup dengan rapat agar tidak ada kebocoran nantinya.
  3. Untuk alternatifnya gunakan dinding keramik mozaik agar memperindah kolam ikan Anda. Namun Anda juga bisa melapisinya dengan cat putih agar terlihat lebih natural.
  4. Dalam pembuatan kolam ikan perhatikan detail dalam pembuatan saluran air. Alangkah baiknya pembuatan saluran air langsung dihubungkan dengan pompa air untuk memudahkan dalam pergantian air secara berkala.
  5. Kemudian pasang filter pada bagian kolam ikan.
  6. Untuk mempercantik tambahkan sedikit lampu hias atau tanaman di sekitar kolam ikan Anda.

Perkiraan biaya kolam beton

Harga kolam beton per m3 sendiri sangat beragam, tergantung akan luas kolam dan juga bahan yang digunakan. Selain itu, penggunaan instalasi filter juga mempengaruhi harga dari pembuatan kolam beton. Mutu dan kualitas beton juga mempengaruhi harga kolam beton per m3. Adapun estimasi beton yang digunakan tergantung mutu berkisaran harga 700 ribu hingga 1 juta per m3.

Hal yang penting dalam kolam beton sendiri adalah perawatan dan juga rutin untuk membersihkan kolam. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti air kolam secara berkala. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan lumut dan kotoran pada dinding kolam agar tidak membuat air cepat keruh. Air yang keruh bisa mempengaruhi kesehatan ikan yang ada di dalamnya.

Untuk konsultasi atau memerlukan jasa bongkar gedung dan kolam atau lainnya silakan menghubungi nomor hunting kami.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *