Blog

Cara Cerdas Renovasi Rumah Bagian Depan Dengan Budget Minim

Renovasi Rumah Bagian Depan. Teras atau bagian rumah menjadi sudut rumah yang tidak bisa dilupakan. Pasalnya, bagian depan merupakan pandangan tetangga atau orang yang lewat akan rumah kita. Bagian depan yang baik akan membuat semua orang yang melihat terkesima. Namun yang namanya rumah, lama kelamaan akan nampak kusam. Terlebih lagi, bagian depan rumah yang memburuk, melapuk dan kondisi yang kurang perawatan.
Terkadang kita ingin melakukan renovasi rumah bagian depan agar enak dipandang. Namun halangan terbesar adalah keterbatasan biaya dan waktu. Belum lagi, banyak kebutuhan mendesak lainnya sehingga renovasi bagian depan rumah diabaikan. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat renovasi rumah akan tidak memakan banyak biaya, seperti berikut ini.

Rumah minimalis tampak depan, Lindungi dinding saat renovasi

renovasi rumah bagian depanRumah minimalis tampak depan. Dalam melakukan renovasi bangun rumah bagian depan tidak perlu merubah penampilannya secara keseluruhan saja. Anda bisa melakukannya dengan melindungi dinding atau melakukan pengecatan ulang. Hal ini akan membuat tampilan depan rumah nampak baru. Dinding yang kusam dan lecet pastinya tidak sedap untuk dipandang.
Hal yang bisa Anda lakukan saat melakukan renovasi adalah memiliki warna cat dinding yang sesuai selera dan konsep rumah Anda. Apabila dinding memiliki banyak pengelupasan, maka lakukan pengecatan dasar dengan warna putih tersebut dahulu. Baru selanjutnya dicat dengan warna kesukaan Anda.
Apabila dinding masih terlihat lebih baik. Maka, renovasi yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan cairan pelapis. Cairan ini berguna untuk mempermudah memberikan dinding, baik dari kotoran, coretan hingga tumpahan. Ingat bahwa renovasi bukan sekedar merubah saja, tapi juga memperindah.

Model rumah sederhana tapi indah, Ganti desain pintu

Model rumah sederhana tapi indah. Tidak dipungkiri lagi bahwa saat orang pertama kali melihat atau masuk rumah adalah pintu. Dengan pertimbangan ini, Anda bisa lebih menitikberatkan renovasi rumah bagian depan pada pintu rumah. Apabila rumah Anda memiliki konsep alam yakni menggunakan pintu kayu, lambat laun akan menunjukkan tanda – tanda pengeroposan. Oleh karena itu, merenovasinya adalah hal yang baik.
Tips dari jasa bangun rumah ini, Anda bisa menambahkan ukiran atau hiasan guna menutupinya. Namun apabila kayu memiliki pelapis yang buruk, Anda cukup mengganti pelapisnya saja. Lalu lakukan perawatan dan pembersihan saat renovasi agar pintu lebih tahan lama.
Agar kayu tidak mengalami pelapukan kembali, Anda bisa menggunakan pernis dengan bahan dasar minyak sebagai pelapisnya. Sebaliknya, pintu logam lakukan pembersihan bagian berkaratnya dengan pembersih mengandung asam oksalat. Jangan lupa memberikan pelumas pada engsel dan kaki pintu guna membuatnya tetap fleksibel dan tidak menimbulkan bunyi berderit.

Renovasi rumah bagian depan, Tambahkan tanaman untuk menghidupkan rumah

Salah satu tujuan dalam renovasi rumah bagian depan adalah membuat suasana rumah lebih hidup lagi. Rumah yang nampak suran, bukan berarti dikarenakan desainnya atau warna catnya, tapi kurangnya tanaman hijau di dalamnya. Apabila Anda mengalami masalah rumah seperti hal tersebut, maka cara renovasi yang tepat adalah dengan menambahkan beberapa tanaman hidup. Anda bisa meletakan dua tanaman di pintu masuk atau menggantung beberapa tanaman di depan dan dinding teras Anda.

Desain teras rumah depan, renovasi rumah bagian depan

Desain teras rumah depan. Lantai yang bersih akan membuat rumah semakin nyaman untuk ditinggali. Namun hal ini tidak akan bisa didapatkan apabila lantai saja kotor dan warnanya sudah memudar. Dengan begitu, kesan suram dan kusam akan timbul. Renovasi rumah bagian depan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti lantai.
Namun tidak ada salahnya, Anda mencoba membersihkannya terlebih dahulu. Alternative lainnya yang bisa Anda lakukan dalam merenovasi bagian depan rumah adalah dengan mengganti lantai kayu atau menggunakan motif keramik sesuai konsep rumah.
Jaga agar proses renovasi tetap bersih
Renovasi rumah bagian depan tidak akan bertahan lama apabila penghuninya tidak menjaga kebersihan rumah. Menjaga kebersihan rumah adalah cara mudah dalam melakukan renovasi rumah. Namun hal ini banyak yang mengabaikannya. Maka dari itu, bersihkan bagian depan rumah secara berkala, mulai dari dinding, langit – langit hingga lantainya. Tidak ketinggalan pula perabotan yang ada di bagian depan rumah.
Pastikan juga tidak ada debu yang tersisa. Dengan begitu, rumah Anda akan nampak sejak, elok dan nyaman dalam jangka waktu lama. Dengan begitu, tidak perlu melakukan renovasi dalam waktu dekat.

Artikel lain : Jasa bangun rumah solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *