Blog

2 Desain Rumah dengan Konsep Natural

Desain rumah unik dan nyaman tentu menjadi daya tarik tersendiri. Banyak orang yang rela merogoh kocek banyak untuk mewujudkan rumah impian mereka. Nah, bila Anda termasuk salah satunya. Berikut ada 2 desain rumah yang bisa Anda gunakan. Check this out!

Desain Rumah Konsep Batu Alam

desain rumah
desain rumah

Konsep batu alam ini berguna untuk menambahkan kesan alam yang lebih kuat. Penggunaan batu alam dipercaya dapat  memberikan suasana yang nyaman serta membuat suhu rumah Anda menjadi lebih dingin. Model batu yang nantinya menjadi pilihan Anda ada berbagai macam. Mulai bentuk yang halus sampai abstrak.

Berikut ini ada beberapa jenis batu alam yang bisa Anda gunakan:

  • Batu Andesit

Jenis batu ini berasal dari vulkanik (bekuan lava). Teksturnya yang padat dan keras serta berwarna abu gelap menjadikannya pilihan yang tepat untuk dinding rumah. Kin jenis batu ini bisa tersedia dengan berbagai motif. Mulai dari permukaan yang halus hingga yang bergerigi.

  • Batu Putih Cacing

Batu ini merupakan jenis dari sandstone. Jenis batu ini berasal dari kumpulan butiran pasir yang kemudian mengeras. Tekstur dan permukaannya tidak halus dan sekilas seperti cacing atau benang. Sangat cocok untuk desain dinding rumah Anda.

  • Batu Candi

Batu ini juga bisa mengganti desain interior rumah Anda loh. Tak perlu banyak banyak, dengan menggunakan batu candi ini rumah Anda semakin indah dipandang mata. Harganya juga relatif lebih murah dan terjangkau. Anda bisa mendesign batu candi sebagai dinding rumah Anda dengan menggabungkan dua jenis permukaan batunya, pilihlah yang kasar dan halus, lalu pasanglah secara selang – seling di dinding.

  • Batu Paras Jogja

Batu ini cocok untuk Anda yang menginginkan jenis dinding rumah limestone. Jenis batu ini bisa Anda dapatkan di sekitar Jawa Tengah. Hanya ada dua warna yang disediakan yakni warna putih dan krem.

Bahan dasar dari batu paras jogja ini berasal dari kapur. Sehingga, jika Anda melihat lebih dekat, terdapat pori – pori pada permukaan batu tersebut. Nah, sebaiknya gunakan batu ini pada dinding rumah bagian dalam saja, jika di bagian luar, ditakutkan akan banyak hewan yang masuk kedalamnya dan merusak batu tersebut.

  • Batu Templek

Batu ini adalah yang paling sering digunakan sebagai dinding rumah. Bahkan tidak sedikit yang menggunakannya sebagai pagar. Motif dan polanya yang unik membuatnya cocok dijadikan desain rumah yang asri tapi berkesan minimalis.

Konsep Kayu

Selain konsep dengan menggunakan batu alam, Anda juga bisa menggunakan konsep kayu untuk memperindah rumah Anda. Tapi, bukan sembarang kayu. Ada beberapa jenis kayu yang cocok untuk Anda jadikan sebagai desain rumah yang tepat, seperti berikut ini:

  • Kayu Jati

Kayu jati memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu jenis kayu yang punya kekuatan serta keawetan. Tidak hanya panjang umur, kayu ini juga indah dan tahan terhadap rayap, serangga serta jamur. Tak heran bila banyak orang yang menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan rumah menggantikan semen.

Tapi, ada juga yang menggunakannya hanya sebagai dinding atau sebagai lantai saja. Walaupun harganya mahal, kayu ini dijamin sangat awet loh.

  • Kayu Merbau

Kayu ini juga tak kalah kuatnya dari kayu jati. Bisa dikatakan sebagai penggantinya kayu jati bila kayu jati sulit ditemukan. Nah, walaupun harganya mahal, kayu ini tetap menjadi incaran karena sangat kuat, bahkan sering dijadikan sebagai penyangga rumah. Nantinya untuk mempercantik warna kayu, Anda bisa meminta ahli kayu untuk mengecat melamin supaya warnanya terang mengkilap.

  • Kayu Kamper

Kayu ini lebih ringan dari kayu jati, tapi tetaplah kuat. Biasanya penggunaan kayu kamper ini untuk jendela dan pintu saja. Tapi tak sedikit pula yang menggunakannya untuk bagian lantai dan pemanis bagian langit – langit rumah.

Berbeda dari kayu lainnya, kayu ini punya aroma wangi yang khas. Sehingga nantinya ruangan Anda akan dipenuhi aroma kayu ini, serasa berada pepohonan deh.

Nah, bagaimana? Konsep seperti apa yang lebih Anda sukai? Batu atau Kayu? Tapi, keduanya merupakan komponen yang wajib ada untuk desain rumah Anda terlihat lebih natural dan seakan berada di alam luar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *