Blog

Biaya renovasi rumah 2 lantai

Merenovasi rumah rumah 2 laintai bukanlah hal mudah. Kalau bukan tenaga ahli dan profesional, konsep rumah yang Anda inginkan tidak akan terwujud. Pemilihan tukang dan kuli bangunan pun juga tidak sembarangan. Namun biasanya bagi orang yang sibuk, menggunakan jasa borongan menjadi lebih mudah. Namun, berapakah harga borongan bongkar rumah? Yuk, hitung – hitungan biaya renovasi rumah ini. Bagaimana biaya renovasi rumah 2 lantai type 36, estimasi biayanya agar menjadi biaya bangun rumah murah dan sederhana? Bagaimana cara menghitung biaya bangun rumah bertingkat, bagaimana Biaya renovasi rumah 2 lantai meningkat rumah dengan biaya murah, silakan diskusi dengan wa kami. 

Estimasi Biaya Renovasi Rumah 2 lantai 

Biaya renovasi rumah 2 lantai
ilustrasi: Biaya renovasi rumah 2 lantai

Untuk renovasi rumah, biasanya biaya renovasi hanya berlaku pada pembayaran tukang saja. Namun jika menggunakan sistem ini, Anda harus memilih sendiri material bangunan. Sedangkan dengan sistem borongan penuh, Anda akan mendapatkan jasa tukang dan juga material. 

Hal ini dianggap lebih praktis. Pasalnya, Anda tidak perlu repot lagi untuk memilih material bangunan yang bagus. Selain itu, sistem ini juga dianggap sebagai sistem paling cepat dalam membangun rumah.

Apabila Anda tertarik, pastikan Anda menggunakan jasa borongan yang terpercaya, kredibel, bergaransi dan tentu memiliki material bahan bangunan yang baik dan berkualitas. Selain itu, konsep atau desain rumah terbaru harus sudah sangat matang. 

Untuk harga borongan bongkar rumah sendiri berkisaran 3 hingga 5 juta per meter perseginya. Itupun sudah mencangkup biaya tukang, kuli dan material bangunan. Silakan kontak wa kami untuk menanyakan seputar jasa kontraktor

Faktor biaya bongkar rumah

Beberapa faktor bisa mempengaruhi harga borongan bongkar rumah, seperti berikut ini. 

  1. Lokasi

Lokasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga renovasi rumah dengan sistem borongan. Tentu saja, setiap kota yang berbeda memiliki harga yang berbeda. Selain itu, lokasi rumah juga menjadi faktor terpenting. Apabila bangunan berlokasi di gang sempit sehingga mobil tidak bisa lewat mungkin harganya cukup mahal dibandingkan dengan rumah yang lokasinya mudah diakses. 

  1. Luas bangunan

Luas bangunan juga menjadi salah satu faktor harga borongan bongkar rumah. Misalnya saja, Anda ingin merenovasi bagian atap. Tentunya, luas atap per m2 akan dikalikan dengan harga jasa. 

  1. Biaya pembongkaran 

Apabila Anda berencana untuk membongkar rumah secara keseluruhan, ada tambahan biaya, yakni merobohkan bangunan yang ada. Untuk biaya pembongkaran sendiri berkisaran, seperti berikut ini:

Pekerjaan Satuan Harga (Rp.)
Bongkaran Atap M2 37.500,-
Bongkaran Dinding M2 23.000,-
Pembersihan bongkaran M2 19.000,-

 

  1. Material bangunan 

Selain itu, material bangunan juga menjadi faktor harga borongan bongkar rumah. Artinya, biaya yang digunakan, seperti pasir, batu bata, genteng, keramik, semen dan masih banyak lagi. Untuk biaya yang lainnya bisa didiskusikan sendiri dengan para pekerja. 

  1. Jasa yang diberikan 

Harga bongkar rumah dengan sistem borongan juga berbeda – beda tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan, seperti pengecekan, penambahan dan lain sebagainya. Namun begitu, harga biasanya meliputi persiapan yang dilakukan.

Simulasi harga bongkar rumah

Untuk semakin jelas perhitungan harga borongan bongkar rumah, simulasi berikut bisa menjadi salah satu cara membantu Anda. 

Misalnya saja, Anda ingin merenovasi total seluruh hunian Anda. Sedangkan luas rumah Anda adalah 6 x 6 m atau type 36. Oleh karena itu biaya borongan untuk bongkar rumah bisa berkisaran 36 x 3 juta = 108 juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya pembongkaran, seperti bongkar atap, dinding dan pembersihan bongkaran. Harganya hanya termasuk harga pendirian rumah kembali. 

Itulah simulasi harga borongan bongkar rumah yang bisa menjadi acuan Anda untuk merenovasi rumah dengan beberapa faktor yang mempengaruhi harga di dalamnya. Jadi, bagian rumah mana yang akan Anda renovasi?

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *