Blog

Biaya Cor Lantai Per m2 – 081210104461

Lantai merupakan bagian penting dalam sebuah bangunan. Pengertian lantai sendiri merupakan bagian bangunan yang memiliki luas dan dipisahkan oleh dinding – dinding. Dalam membangun rumah, pengecoran lantai perlu dilakukan. Namun begitu, mengetahui biaya cor lantai per m2 bisa dilakukan untuk menghitung besaran biaya pembangunan.

Berapa harga borongan dak per meter untuk hitungan manual? berapa biaya ngedak rumah dengan bondek? cara menghitung biaya cor dak? harga cor beton per m3? adalah beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan biaya cor lantai per m2. Berikut ini bahasan pemilihan material untuk cor lantai, sebagai berikut:

Pemilihan material untuk cor lantai – Biaya Cor Lantai Per m2

Biaya Cor Lantai Per m2
Ilustrasi : Biaya Cor Lantai Per m2 – photo by Bjoern Wylezich

Ada beberapa macam material yang digunakan untuk pengecoran lantai. Kebanyakan material yang digunakan adalah dek beton. Hal ini dikarenakan material yang satu ini memiliki daya tahan dan kekuatan yang tinggi. Namun, risikonya adalah dek beton lebih cocok digunakan untuk area yang luas. Selain itu, proses pencampurannya juga membuat rumah Anda menjadi kotor. Namun begitu, saat ini sudah ada beberapa material lainnya yang bisa digunakan sekali dek beton. Berikut ini tips dari jasa bongkar untuk pemilihan material untuk cor lantai:

  1. Beton cor konvensional

Mungkin kelemahan dari cor beton konvensional ini adalah pekerjaannya yang cenderung merepotkan. Selain itu, dalam pengerjaannya juga membutuhkan waktu yang lama agar beton bisa mengeras, yakni sekitar 28 hari. Walaupun begitu, masih banyak orang yang menggunakan cor beton konventional untuk lantai mereka. Pasalnya, cor beton akan memberikan kualitas yang baik, kuat dan tahan lama.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh cor beton konventional adalah hasil yang diberikan benar – benar menyatu menjadi satu. Pasalnya, pengerjaannya langsung dilakukan pada tempatnya. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah proses pencampurannya. Pasalnya, terkadang tukang mencampurkannya sembarangan.

Komposisi air dan seman yang tepat akan sangat mempengaruhi pencampuran. Misalnya, per meter kubik lantai membutuhkah 8 sak semen. Sedangkan dalam 1 sak berisi 40 kg. Jadi total yang dibutuhkan adalah 320 kg. Oleh karena itu, air yang diperlukan adakah 160 liter.

  1. Beton ready mix

Apabila tidak membutuhkan tenaga tukang dalam proses pengadukan. Anda bisa menggunakan material jenis beton ready mix. Jenis yang satu ini bisa langsung digunakan tanpa perlu pengolahan terlebih dahulu. Pengecoran lantai dengan menggunakan beton ready mix ini cukup beragam, tergantung akan tingkat kepadatan dan kualitas dari beton yang digunakan nantinya. Kelebihan menggunakan beton ready mix adalah Anda bisa mendapatkan campuran beton yang lebih sempurna sehingga kualitas pelat yang dihasilkan akan lebih baik.

Untuk tingkat kualitas dari beton ready mix biasanya ditandai dengan huruf “K” yang berarti kualitas. Kemudian, semakin tinggi angka setelah huruf “K”, maka jumlah semen yang dicampurkan juga semakin banyak. Untuk rumah tinggal sendiri biasanya jenis cor beton yang pas adalah K225. Untuk biaya cor lantai per m2 dengan beton ready mix ini mulai dari Rp. 80.000/m2. Namun harga belum termasuk ongkos tukang.

Itulah dua jenis cor lantai yang bisa digunakan untuk pembangunan rumah Anda.

Menghitung biaya cor lantai – tips dari Jasa Bongkar Gedung

Berikut ini tips dari jasa bongkar gedung, dalam menghitung biaya cor lantai biasanya mengukur luar lantai yang akan digunakan. Selain itu, material yang digunakan akan mempengaruhi biaya cor lantai per m2. Jadi semakin tinggi mutu dan kualitas beton yang digunakan akan semakin tinggi pula biaya yang dikeluarkan. Biasanya beton yang digunakan untuk cor lantai adalah K225, K250, K275 dan K300.

Kemudian harga beton tersebut ditambahkan dengan ongkos tukang dan juga biaya bekisting. Teknik bekisting sendiri merupakan cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton selama beton dibentuk dan digunakan sesuai dengan keinginan. Ada dua jenis teknik yang digunakan, yakni konventional dan knock down.

Perkiraan biaya cor lantai

Berikut ini biaya cor lantai per m2 beserta ongkos tukang dan biaya bekisting. Biaya di bawah ini menggunakan jenis beton ready mix.

Estimasi Biaya Cor Lantai Per m2

Beton Harga Beton Ongkos tukang/hari Biaya bekisting & besi/m2 Total biaya
K225 Rp. 80.000 Rp. 250.000 Rp. 420.000 Rp. 750.000
K250 Rp. 82.000 Rp. 250.000 Rp. 420.000 Rp. 752.000
K275 Rp. 84.000 Rp. 250.000 Rp. 420.000 Rp. 754.000
K300 Rp. 86.000 Rp. 250.000 Rp. 420.000 Rp. 756.000

Untuk konsutasi harga cor beton per m3 silakan hubungi kami di nomor ponsel atau hunting. Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat bagi pengunjung semua yang ingin mencari artikel atau info tentang renovasi, membangun kontruksi atau jasa bangun rumah, gedung dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *